Jumat, 27 Januari 2012

Apa itu pencerahan

Banyak definisi tentang pencerahan/enlightenment yang berkembang dimasyarakat, salah satunya Immanuel Kant. Kant memberi definisi pencerahan sebagai: keluarnya manusia dari ketidakmatangan yang diciptakannya sendiri. Sedangkan ketidakmatangan adalah ketidakmampuan seseorang menggunakan akal-pikirannya tanpa bantuan orang lain. Ketidakmatangan semacam ini terjadi bukan karena kurangnya daya pikir, tetapi karena kurangnya determinasi dan keberanian menggunakan pemahaman sendiri. Motto pencerahan, dengan demikian, adalah Sapere aude! Beranilah menggunakan pemahaman sendiri! (Kant, What is Enlightenment?, 1990).

Definisi Kant menganggap pencerahan bukan semata-mata kondisi intelektual di mana seseorang merasa terbebaskan berpikir dan bertindak, tetapi yang terpenting adalah bahwa pencerahan itu berarti kematangan berpikir dan sanggup melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Yang dimaksud “bantuan orang lain” di sini adalah penggunaan otoritas luar secara berlebihan sehingga menghalangi seseorang berpikir independen. Inti pencerahan bukanlah pemikiran itu sendiri, tetapi bagaimana seseorang berani menggunakan akal-pikirannya (sapere aude!).

Pendapat lain mendefinisikan Pencerahan sebagai suatu pengalaman yang dipicu oleh stimulus dari luar kemudian terjadi proses kematangan kesadaran akan kebenaran, pemahaman nyata, perbaikan diri, adanya sesuatu yang agung/luarbiasa/diluar nalar dan logika yang menimbulkan perbaikan diri dan terbukanya pola pikir dan bertindak yang baru akan konsep diri, hidup, Ketuhanan, lingkungan dan universal yang bersifat mikrokosmos dan makrokosmos.

Seringkali kita dihadapkan pada suatu masalah, pilihan, kebimbangan dan keraguan yang membawa diri kita pada suatu dilema dan mempertanyakan mengapa semua masalah, pilihan, kebimbangan, keraguan ini terjadi pada diri kita? Bahkan ada pertanyaan siapakah yang mengatur semua kejadian (misal, kita tidak pernah meminta jadi pria/wanita) dan rahasia alam ini? Atau belum adanya pemahaman dan kesadaran atas konsep kepasrahan serta keikhlasan diri pribadi yang sering menimbulkan keresahan, ego, emosi negatif dan konflik diri.
Beberapa pemahaman yang berdasarkan ritual, turun temurun atau tradisi, ataupun suatu dogma membawa kepada suatu perubahan pada pola berpikir yang kini mulai banyak dipertanyakan, mulai berani dikupas, di ulas dalam berbagai tulisan, diskusi kelompok maupun dalam berbagai seminar. Semua ini merupakan cerminan adanya suatu perubahan pola pikir dan pemahaman baru yang boleh dibilang sebagai suatu pencerahan.

Jadi pencerahan disini bisa diartikan sebagai munculnya: kesadaran baru, pemahaman baru, pengertian baru, menjadi manusia baru, cara pandang baru ataupun suatu perubahan mendasar dari cara-cara lama ke cara pandang dan pemahaman baru yang bersifat membangun /memberi suatu pelajaran (instructive).

Dalam dunia yang makin kompleks, banyak orang mulai berani mengekspesikan kerinduan mereka, untuk mendapatkan pengertian yang lebih bermaksana tentang Tuhan. Pencerahan/enlightenment menjadi isu yang banyak dibicarakan dan dikejar karena munculnya realitas baru dalam tatanan sosial masyarakat. Masyarakat mulai sadar intuisi, arti keberagaman, peningkatan spiritual, kesadaran pribadi dan hukum universal. Kesadaran tentang diri pribadi sebagai manusia yang ingin meningkatkan kualitas hidup dan spiritualnya, kesadaran akan ke-Esaan Tuhan dan realitas alam semesta beserta semua rahasiaNya, kesadaran akan peningkatan pengetahuan dan semua hukum universal yang membawa manusia kepada pencerahan.

Melalui pengetahuan yang terus berkembang: banyak hal, tradisi, dogma-dogma, realitas spiritual, rahasia alam semesta dan universal mulai terkuak atau terbuka baik melalui seminar-seminar, forum diskusi, meditasi ataupun pengalaman nyata. Semua hal yang dulunya terselubungi menjadi lebih jelas dan terbuka. Manusia mulai membangkitkan pengetahuan dirinya untuk menggunakan nalar dan akal bebasnya sehingga mendapatkan suatu pemahaman baru yang terbebas dari intervensi pihak lain.

Buku ini menawarkan pintu-pintu yang lebih langsung untuk pencerahan. Bab 2, memaparkan tahap-tahap pencerahan, disini kami jelaskan kriteria diri dan konsep pemahaman mengenai Tuhan dari tiap tahapan pencerahan.

Bab 3, merupakan gambaran umum dari orang yang belum tercerahkan.

Bab 4, merupakan uraian panjang dan dalam mengenai model empat (elemen) diri dari manusia. Juga kaitannya dengan berbagai istilah seperti Cakra, Ego, mati, hidup setelah mati, past lives, reinkarnasi, nyawa/jiwa, O.B.E (out of body experience), Ruh/arwah, soul/spirit dan inti diri. Model ini merupakan penghargaan kami bagi manusia dan bagian penting sebagai fondasi dari seluruh ‘pintu’ yang disampaikan pada bab-bab selanjutnya.

Bab 5, kami menyuguhkan bagaimana dan proses yang harus dilalui dan dilakukan guna menuju pencerahan yang diharapkan. Bab ini, menguraikan model manusia dengan empat diri (pikiran, mental, jasad dan Ruh/spirit). Kemudian penggunaan analisa SWOT sederhana untuk mengetahui dan mengakui, berbagai kekuatan dan kelemahan dari empat diri serta mengidentifikasi peluang dan hambatan eksternal dalam usaha mendapatkan pencerahan.

Bab 6, setelah berbagai aspek kendala diidentifikasi, diuraikan berbagai pintu, untuk mengatasi berbagai kelemahan dan hambatan serta meningkatkan kekuatan diri dan peluang eksternal. Tentunya diuraikan menurut empat model empat diri manusia. Disinilah latihan demi latihan diuraikan secara rinci.

Bab 7, Dijelaskan pencerahan dalam diri pribadi dapat diawali dengan munculnya kesadaran akan misi hidup di dunia saat ini. Terutama kaitanya dengan manusia lainnya (masyarakat). Bab ini juga menjelaskan bagaimana kita harus konsisten dengan Misi Pribadi bagian dari pencerahan selanjutnya.

Bab 8, merupakan uraian mengenai Tuhan dan pintu-pintu yang dapat digunakan. Memahami ciptaanNYA dan memahami hukumNYA adalah pintu utama dalam mengenal Tuhan. Bab “Bertemu Tuhan” adalah pintu terakhir yang akan di buka oleh Anda.

Mulai bab 6, diberikan pintu-pintu (teknik) untuk membantu dalam pencarian berbagai problem dalam pencerahan berikut jawabannya. Pintu-pintu ini universal dan dikemas dalam pendekatan komunikasi spiritual. Jika dipraktekan secara baik dan perlahan, akan memberikan jawaban dan pengalaman yang bertambah dalam perjalanan mengenal Tuhan.

Pembaca yang memulai perjalanan ini, dinasehati agar mempersiapkan diri terhadap pengalaman-pengalaman mujizat yang menakjubkan. Batin Anda akan terpana dan terimalah ini sebagai pengalaman spiritual yang memang ditujukan hanya bagi diri Anda sendiri. Untuk itu, lakukanlah evaluasi setelahnya dan berlakulah biijak dalam sharing dengan segala pihak. Lakukanlah dengan tujuan agar terjaga keseimbangan dan keharmonisan. Terutama dengan keluarga dan lingkungan terdekat Anda.

Akhirnya, setelah Anda berkali-kali tercerahkan, Anda akan lebih luas dalam pengetahuan spiritual. Anda akan menjadi arsitek bagi pemikiran Anda sendiri dan tanpa kendala lagi, Anda bisa menemukan dan menghadirkan Tuhan yang ada di dalam diri, Tuhan yang ada di mana-mana.